AKTUARIA STATISTIKA

         Aktuaria adalah suatu cabang ilmu yang sifatnya multidisipliner. Hubungannya adalah menggunakan metode-metode atau prinsip-prinsip yang ada pada statistika dan juga matematika dalam rangka mneghitung, memperkirakan, memprediksi, mengkalkulasi, membuat suatu perencanaan, model dan gambaran tentang prinsip-prinsip yang berlaku pada dunia asuransi, dana pensiun, dana keuangan pada umumnya. Multidisipliner yaitu dari statistika, matematika, ekonomi, dan juga ilmu sosial lainnya seperti ilmu management, akuntansi, dll. Posisi seorang aktuaris yaitu menggunakan matematika dan statistika dalam menghitung/mengkalkulasi suatu yang ada dalam asuransi seperti perhitungan premi, perhitungan cadangan, model asuransi, produk-produk asuransi apa yang ditawarkan, dan juga bagaimana perhitungan untuk pensiunnya.

            Di Indonesia sendiri saat ini baru ada sekitar 300 aktuaris, padahal sebenarnya aktuaris-aktuaris handal sangat dibutuhkan di Indonesia. Untuk itu, Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) berinisiatif untuk bekerjasama dengan beberapa universitas di Indonesia seperti UGM, ITS, dan Unpad untuk mencari aktuaris-aktuaris baru.

            Menurut informasi yang kami terima dari Galang Yunawan (Statistika 2009) yang menghadiri acara workshop kurikulum pada tanggal 19 Februari 2011, terdapat presentasi-presentasi minat bidang statistika dari beberapa dosen, yaitu statistika keuangan oleh bapak Danang Teguh, statistika bisnis & industri oleh ibu Herni Utami, dan biostatistik oleh bapak Zulaela. Namun, dalam kesempatan itu terdapat presentasi minat bidang statistika yang baru yaitu aktuaria yang dipresentasikan oleh bapak Adhitnya Ronnie Effendie. Kemudian pada tanggal 16 April 2011 lalu juga diadakan Stadiun General Aktuaria dengan pembicara ibu Kim Yeoh dari Prudential dan bapak Riyanto sebagai ketua PAI. Dalam kesempatan itu juga dibicarakan bahwa mulai semester ganjil tahun depan, minat bidang statistika akan ditambah dengan minat aktuaria. Seperti yang kita ketahui sebelumnya di statistika selama ini hanya ada 4 minat yaitu, statistika keuangan, statistika bisnis & industri, statistika matematika, dan biostatistika.

            Mata kuliah pilihan aktuaria ini mulai boleh diambil oleh mahasiswa semester 3, dan nantinya akan ditetapkan mata kuliah wajib minat aktuaria yang akan bisa diambil oleh mahasiswa-mahasiswa yang mengambil minat ini. Nantinya, mahasiswa yang mengambil mata kuliah wajib minat aktuaria dan lulus dengan nilai minimal B berhak menjadi aktuaris. Lalu bagaimana dengan angkatan 2008 dan 2009 yang telah lebih dahulu mengambil minat bidang lain?. Galang menuturkan, mahasiswa-mahasiswa angkatan 2008 dan 2009 yang mengikuti SG tersebut mendapat pengetahuan baru tentang aktuaria, mulai terbuka matanya dan ada ketertarikan dengan bidang ini, dan dalam seminar tersebut bagi mereka yang sebelumnya telah mengambil minat tertentu, masih ada kesempatan untuk mengambil mata kuliah wajib minat aktuaria meskipun sebenarnya cukup terlambat dengan keterbatasan waktu. Dan bagi mahasiswa 2010 yang belum memilih minat tertentu, semester depan bisa mulai memilih minat ini dari awal. Jadi, bagi mahasiswa 2010 yang tertarik dengan minat aktuaria silahkan memilih minat ini mulai semester depan. 

About Lutfi Hakim D.J.

ordinary person

Posted on Desember 14, 2011, in About Statistics. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. postinganya sangat bermanfaat terima kasih *hehehe :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: